Alur dan Prosedur di Bagian Administrasi Akademik :
Alur Kartu Rencana Studi (KRS) :
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa mengecek tagihan pembayaran semester lewat akun SIAKAD masing-masing
- Mahasiswa melakukan pembayaran ke BANK untuk Pengaktifan sistem KRS
- Mahasiswa menginput Mata Kuliah sesuai Sebaran Mata Kuliah atau Kurikulum
- Mahasiswa menyimpan dan mencetak Kartu Rencana Studi disistem sejumlah 3 Rangkap format A4
- Mahasiswa menghadap Dosen Pembimbing untuk melakukan konsultasi Kartu Rencana Studi
- Dosen Pembimbing menyetujui Mata Kuliah yang diajukan Mahasiswa
- Lembar Kartu Rencana Studi yang Rangkap 3 Diserahkan ke BAAK 1 lembar, Pembimbing Akademik 1 lembar dan pegangan mahasiswa 1 lembar
- Selesai
Alur Legalisir Dokumen :
- Mulai
- Alumni login ke laman http://www.legalisir.aiska-university.ac.id/ menggunkan NIM di Ijazah
- Alumni Menginput Data Alumni dilaman di http://tracerstudy.aiska-university.ac.id/ (bagi yang belum pernah mengisi)
- Alumni memilih jumlah legalisir sesuai pilihan; 10 lembar atau 20 lembar
- Alumni Menyerahkan berkas ke BAAK disertai bukti Dokumen Asli
- BAAK (Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan ) Mengkroscek Data ALUMNI yang setelah diinput
- Alumni melakukan Pembayaran Legalisir di ATM/Teller Bank
- Pengambilan Legalisir Di BAU (Bagian Administrasi Umum) minimal setelah 3 hari setelah penyerahan berkas, atau bisa dipantau prosesnya dilaman http://www.legalisir.aiska-university.ac.id/
- Selesai
Alur Pengambilan Ijazah & Transkrip Nilai :
- Mulai
- Mahasiswa Sudah dinaytakan Lulus oleh STIKES Aisyiyah Surakarta
- Mahasiswa datang ke BAAK menandatangani Buku Pengambilan Ijazah (tidak boleh diwakilkan)
- BAAK menyerahkan Ijazah dan Transkrip Nilai
- Selesai
Alur Komplain Nilai Semester Bagi Mahasiswa :
- Mulai
- Mahasiswa login dan melihat nilai semester diakun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta
- Pengajuan Komplain Nilai dilayani sampai 2 minggu setelah tanggal yudisium semester, setelah 2 minggu dianggap sudah valid dan benar.
- Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi (KHS) saat Yudisium sesuai di Kalender Akademik Universitas Aisyiyah Surakarta
- Jika ada ketidaksesuaian nilai, mahasiswa mendownload formulir diSINI
- Mahasiswa menghadap Dosen Pengampu Mata Kuliah dan Kaprodi Untuk Meminta Tanda Tangan (rangkap 3, : dosen pengampu, BAAK, mahasiswa)
- Dosen pengampu Mata Kuliah mengkroscek kebenaran Data
- Jika benar ada ketidaksesuaian nilai, Dosen pengampu merubah lewat akun SIAKAD
- Mahasiswa mengecek nilai yang sudah dirubah
- Selesai
Alur Keterlambatan Upload dan Revisi Nilai Semester Bagi Dosen :
- Mulai
- Dosen melihat nilai semester diakun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta (jika revisi)
- Dosen mendownload berita acara keterlambatan/perubahan nilai diSINI.
- Dosen mengisi berita acara keterlambatan/perubahan nilai (rangkap 3 ; dosen pengampu, kaprodi dan BAAK)
- Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan membuka sistem
- Dosen mengupload Nilai
- Selesai
Alur Permohonan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan Transkrip yang Hilang atau Rusak :
- Mulai
- Alumni atau Pemohon Datang langsung ke Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta dengan membawa :
- Surat Permohonan dengan materai 6.000
- Surat Keterangan tertimpa musibah dari kantor kalurahan atau kecamatan jika berkas rusak atau hilang
- Fotokopi Kartu Keluarga Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian Jika berkas hilang
- Fotokopi KTP
- Fotokopi Akte Kelahiran
- Fotokopi Ijazah dan Transkrip
- Alumni menyerahkan berkas ke Bagian Administrasi Umum (BAU) Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta
- Pimpinan Mendisposisi ke BAAK
- BAAK membuatkan surat keterangan hilang atau rusak, sesuai surat permohonan
- Pengesahan Oleh pimpinan
- Alumni mengambil surat permohonan di BAAK Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta mendapatkan 1 lembar surat keterangan asli dan 3 legalisir.
- Selesai
Alur Manual Prosedur Penggunaan SIAKAD :
- Mulai
- Mahasiswa Login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id
- Dosen Pengampu Mata Kuliah login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id/sia_sas
- Mahasiswa melakukan input KRS, Cek Nilai, Cetak KHS dsb.
- Dosen menginput nilai di SIAKAD STIKES Aisyiyah Surakarta
- Selesai
Alur Manual Prosedur Lupa Password SIAKAD :
- Mulai
- Mahasiswa datang ke Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
- Mahasiswa menemui petugas BAAK sesuai program studi masing-masing
- Petugas BAAK mereset password mahasiswa diakun SIAKAD
- Selesai
Alur Peminjaman dan Pengembalian Berkas Dokumen Akademik :
- Mulai
- Dosen dan Tenaga Kependidikan ke BAAK menemui petugas
- Dosen dan Tenaga Kependidikan Mengambil/mengembalikan dokumen yang dibutuhkan
- Dosen dan Tenaga Kependidikan mencatat dibuku pemijaman berkas sesuai program studi yang dipinjam
- Selesai
Alur Pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS) :
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.stikes-aisyiyah.ac.id
- Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi format A4 3 rangkap
- Mahasiswa menyerahkan lembar KHS ke BAAK 1 lembar, ke Dosen Pembimbing Akademik 1 lembar dan 1 buat pegangan mahasiswa.
- Selesai
Alur Perbaikan Nilai Ikut Adik Tingkat :
- Mulai
- Mahasiswa melihat Nilai di Kartu Hasil Studi masing-masing
- Mahasiswa mengecek sebaran mata kuliah yang akan di ajarkan pada semester berlangsung
- Mahasiswa dengan Nilai C diperbolehkan mengikuti adik tingkat dengan terlebih dahulu konsultasi ke dosen pembimbing akademik
- Mahasiswa melakukan Input Mata Kuliah yang akan diperbaiki di sistem KRS
- Mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan secara penuh
- Selesai
Alur Kartu Ujian Hilang :
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.stikes-aisyiyah.ac.id
- Mahasiswa secara individu mencetak Kartu Ujian yang Hilang di akun masing-masing
- Selesai
Alur Cuti/berhenti sementara Mahasiswa :
- Mulai
- Mahasiswa mengunduh surat permohonan cuti di SINI(download) lalu file diisi lewat android untuk dimintakan persetujuan
- Mahasiswa Menghubungi Kaprodi dan Pembimbing Akademik untuk meminta persetujuan.
- Jika disetujui mahasiswa mengupload berkas dan mengisi formulir cuti di SINI :
- Mahasiswa menyelesaikan registrasi pembayaran ke BNI sebesar biaya 10% dari biaya semester disertai bukti bebas dari keuangan (diupload)
- Melampirkan bukti bebas perpustaakan (diupload)
- Melampirkan kartu mahasiswa (diupload)
- Isian formulir yang telah diisi dan berkas yang telah diupload lalu Simpan
- Mahasiswa mencetak formulir sebagai arsip mahasiswa
- Data yang telah tersimpan akan diteruskan ke Kaprodi dan Pembimbing Akademik sebagai arsip
- Selesai
Alur Aktif/Ijin Kuliah Mahasiswa :
- Mulai
- Mahasiswa meminta formulir surat ijin kuliah ke BAAK dengan dilampiri Bukti pembayaran uang SPP Semester, Foto Copy Kartu Mahasiswa, Surat Cuti. Download
- Mahasiswa melakukan KRS
- Selesai
Alur Penyerahan Tugas Mahasiswa Mengikuti UAS :
- Mulai
- Mahasiswa yang rekapan kehadiran kurang 80% dari kehadiran perkuliahan
- Mahasiswa Mendownload Blangko Bukti Penyerahan Tugas ( 2 Lembar ) & Lembar Permohonan Mengikuti UAS (Website Menu Download)
- Mahasiswa menyerahkan tugas ke dosen pengampu dan meminta tanda tangan
- Mahasiswa meminta tanda tangan kaprodi
- Mahasiswa menyerahakan bukti blangko penterahan tugas ke Kaprodi dan BAAK maksimal 2 hari sebelum mata kuliah diujikan
- Selesai
Alur Pendaftaran Remidiasi :
- Mulai.
- Mahasiswa Login ke laman : www.remidi.stikes-aisyiyah.ac.id.
- Mahasiswa mengecek Nilai di Menu Data Nilai.
- Mahasiswa memilih Mata Kuliah yang akan diremidikan (B-, C, D dan E) di Menu Pendaftaran Remidi.
- Mahasiswa melakukan Pembayaran sesuai Virtual Account (VA) dengan nominal yang tertera disistem remidi, pada tanggal yang telah ditentukan melalui ATM/Teller Bank/ E-Banking.
- Bagian Keuangan Menvalidasi
- Mahasiswa mencetak Kartu Ujian Remidi pada Menu Jadwal Remidi sesuai tanggal yang telah ditentukan..
- BAAK mencetak Daftar Hadir.
- Mahasiswa Melaksanakan Ujian Remidiasi dikelas sesuai Jadwal dan Ruang.
- Selesai