Alur dan Prosedur

Alur dan Prosedur di Bagian Administrasi Akademik :

Alur Kartu Rencana Studi (KRS) :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id
  3. Mahasiswa mengecek tagihan pembayaran semester lewat akun SIAKAD masing-masing
  4. Mahasiswa melakukan pembayaran ke BANK untuk Pengaktifan sistem KRS
  5. Mahasiswa menginput Mata Kuliah sesuai Sebaran Mata Kuliah atau Kurikulum
  6. Mahasiswa menyimpan dan mencetak Kartu Rencana Studi disistem sejumlah 3 Rangkap format A4
  7. Mahasiswa menghadap Dosen Pembimbing untuk melakukan konsultasi Kartu Rencana Studi
  8. Dosen Pembimbing menyetujui Mata Kuliah yang diajukan Mahasiswa
  9. Lembar Kartu Rencana Studi yang Rangkap 3 Diserahkan ke BAAK 1 lembar, Pembimbing Akademik 1 lembar dan pegangan mahasiswa 1 lembar
  10. Selesai

Alur Legalisir Dokumen :

  1. Mulai
  2. Alumni login ke laman http://www.legalisir.aiska-university.ac.id/ menggunkan NIM di Ijazah
  3. Alumni Menginput Data Alumni dilaman di http://tracerstudy.aiska-university.ac.id/ (bagi yang belum pernah mengisi)
  4. Alumni memilih jumlah legalisir sesuai pilihan; 10 lembar atau 20 lembar
  5. Alumni Menyerahkan berkas ke  BAAK disertai bukti Dokumen Asli
  6. BAAK (Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan ) Mengkroscek Data ALUMNI yang setelah diinput
  7. Alumni melakukan Pembayaran Legalisir di ATM/Teller Bank
  8. Pengambilan Legalisir Di BAU (Bagian Administrasi Umum) minimal setelah 3 hari setelah penyerahan berkas, atau bisa dipantau prosesnya dilaman http://www.legalisir.aiska-university.ac.id/
  9. Selesai

Alur Pengambilan Ijazah & Transkrip Nilai :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa Sudah dinaytakan Lulus oleh STIKES Aisyiyah Surakarta
  3. Mahasiswa datang ke BAAK menandatangani Buku Pengambilan Ijazah (tidak boleh diwakilkan)
  4. BAAK menyerahkan Ijazah dan Transkrip Nilai
  5. Selesai

Alur Komplain Nilai Semester Bagi Mahasiswa :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa login dan melihat nilai semester diakun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta
  3. Pengajuan Komplain Nilai dilayani sampai 2 minggu setelah tanggal yudisium semester, setelah 2 minggu dianggap sudah valid dan benar.
  4. Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi (KHS) saat Yudisium sesuai di Kalender Akademik Universitas Aisyiyah Surakarta
  5. Jika ada ketidaksesuaian nilai, mahasiswa mendownload formulir diSINI
  6. Mahasiswa menghadap Dosen Pengampu Mata Kuliah dan Kaprodi Untuk Meminta Tanda Tangan (rangkap 3, : dosen pengampu, BAAK, mahasiswa)
  7. Dosen pengampu Mata Kuliah mengkroscek kebenaran Data
  8. Jika benar ada ketidaksesuaian nilai, Dosen pengampu merubah lewat akun SIAKAD
  9. Mahasiswa mengecek nilai yang sudah dirubah
  10. Selesai

Alur Keterlambatan Upload dan Revisi Nilai Semester Bagi Dosen :

  1. Mulai
  2. Dosen melihat nilai semester diakun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta (jika revisi)
  3. Dosen mendownload berita acara keterlambatan/perubahan nilai diSINI.
  4. Dosen mengisi berita acara keterlambatan/perubahan nilai (rangkap 3 ; dosen pengampu, kaprodi dan BAAK)
  5. Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan membuka sistem
  6. Dosen mengupload Nilai
  7. Selesai

Alur Permohonan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan Transkrip yang Hilang atau Rusak :

  1. Mulai
  2. Alumni atau Pemohon Datang langsung ke Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta dengan membawa :
    • Surat Permohonan dengan materai 6.000
    • Surat Keterangan tertimpa musibah dari kantor kalurahan atau kecamatan jika berkas rusak atau hilang
    • Fotokopi Kartu Keluarga Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian Jika berkas hilang
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akte Kelahiran
    • Fotokopi Ijazah dan Transkrip
  3. Alumni menyerahkan berkas ke Bagian Administrasi Umum (BAU) Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta
  4. Pimpinan Mendisposisi ke BAAK
  5. BAAK membuatkan surat keterangan hilang atau rusak, sesuai surat permohonan
  6. Pengesahan Oleh pimpinan
  7. Alumni mengambil surat permohonan di BAAK Kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta mendapatkan 1 lembar surat keterangan asli dan 3 legalisir.
  8. Selesai

Alur Manual Prosedur Penggunaan SIAKAD :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa Login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id
  3. Dosen Pengampu Mata Kuliah login ke laman http://siakad.aiska-university.ac.id/sia_sas
  4. Mahasiswa melakukan input KRS, Cek Nilai, Cetak KHS dsb.
  5. Dosen menginput nilai di SIAKAD STIKES Aisyiyah Surakarta
  6. Selesai

Alur Manual Prosedur Lupa Password SIAKAD :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa datang ke Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
  3. Mahasiswa menemui petugas BAAK sesuai program studi masing-masing
  4. Petugas BAAK mereset password mahasiswa diakun SIAKAD
  5. Selesai

Alur Peminjaman dan Pengembalian Berkas Dokumen Akademik :

  1. Mulai
  2. Dosen dan Tenaga Kependidikan ke BAAK menemui petugas
  3. Dosen dan Tenaga Kependidikan Mengambil/mengembalikan dokumen yang dibutuhkan
  4. Dosen dan Tenaga Kependidikan mencatat dibuku pemijaman berkas sesuai program studi yang dipinjam
  5. Selesai

Alur Pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS) :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.stikes-aisyiyah.ac.id
  3. Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi format A4 3 rangkap
  4. Mahasiswa menyerahkan lembar KHS ke BAAK 1 lembar, ke Dosen Pembimbing Akademik 1 lembar dan 1 buat pegangan mahasiswa.
  5. Selesai

Alur Perbaikan Nilai Ikut Adik Tingkat :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa melihat Nilai di Kartu Hasil Studi masing-masing
  3. Mahasiswa mengecek sebaran mata kuliah yang akan di ajarkan pada semester berlangsung
  4. Mahasiswa dengan Nilai C diperbolehkan mengikuti adik tingkat dengan terlebih dahulu konsultasi ke dosen pembimbing akademik
  5. Mahasiswa melakukan Input Mata Kuliah yang akan diperbaiki di sistem KRS
  6. Mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan secara penuh
  7. Selesai

Alur Kartu Ujian Hilang :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa masuk atau login ke laman http://siakad.stikes-aisyiyah.ac.id
  3. Mahasiswa secara individu mencetak Kartu Ujian yang Hilang di akun masing-masing
  4. Selesai

Alur Cuti/berhenti sementara Mahasiswa :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa mengunduh surat permohonan cuti di SINI(download) lalu file diisi lewat android untuk dimintakan persetujuan
  3. Mahasiswa Menghubungi Kaprodi dan Pembimbing Akademik untuk meminta persetujuan.
  4. Jika disetujui mahasiswa mengupload berkas dan mengisi formulir cuti di SINI :
    • Mahasiswa menyelesaikan registrasi pembayaran ke BNI sebesar biaya 10% dari biaya semester disertai bukti bebas dari keuangan (diupload)
    • Melampirkan bukti bebas perpustaakan (diupload)
    • Melampirkan kartu mahasiswa (diupload)
  5. Isian formulir yang telah diisi dan berkas yang telah diupload lalu Simpan
  6. Mahasiswa mencetak formulir sebagai arsip mahasiswa
  7. Data yang telah tersimpan akan diteruskan ke Kaprodi dan Pembimbing Akademik sebagai arsip
  8. Selesai

Alur Aktif/Ijin Kuliah  Mahasiswa :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa meminta formulir surat ijin kuliah ke BAAK dengan dilampiri Bukti pembayaran uang SPP Semester, Foto Copy Kartu Mahasiswa, Surat Cuti. Download
  3. Mahasiswa melakukan KRS
  4. Selesai

Alur Penyerahan Tugas Mahasiswa Mengikuti UAS :

  1. Mulai
  2. Mahasiswa yang rekapan kehadiran kurang 80% dari kehadiran perkuliahan
  3. Mahasiswa Mendownload Blangko Bukti Penyerahan Tugas ( 2 Lembar ) & Lembar Permohonan Mengikuti UAS (Website Menu Download)
  4. Mahasiswa menyerahkan tugas ke dosen pengampu dan meminta tanda tangan
  5. Mahasiswa meminta tanda tangan kaprodi
  6. Mahasiswa menyerahakan bukti blangko penterahan tugas ke Kaprodi dan BAAK maksimal 2 hari sebelum mata kuliah diujikan
  7. Selesai

Alur Pendaftaran Remidiasi :

  1. Mulai.
  2. Mahasiswa Login ke laman : www.remidi.stikes-aisyiyah.ac.id.
  3. Mahasiswa mengecek Nilai di Menu Data Nilai.
  4. Mahasiswa memilih Mata Kuliah yang akan diremidikan (B-, C, D dan E) di Menu Pendaftaran Remidi.
  5. Mahasiswa melakukan Pembayaran sesuai Virtual Account (VA) dengan nominal yang tertera disistem remidi, pada tanggal yang telah ditentukan melalui ATM/Teller Bank/ E-Banking.
  6. Bagian Keuangan Menvalidasi
  7. Mahasiswa mencetak Kartu Ujian Remidi pada Menu Jadwal Remidi sesuai tanggal yang telah ditentukan..
  8. BAAK mencetak Daftar Hadir.
  9. Mahasiswa Melaksanakan Ujian Remidiasi dikelas sesuai Jadwal dan Ruang.
  10. Selesai