Alur dan Prosedur
Alur Kartu Rencana Studi (KRS)
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman https://sso.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa mengecek tagihan pembayaran semester lewat akun SIAKAD masing-masing
- Mahasiswa melakukan pembayaran ke BANK untuk Pengaktifan sistem KRS
- Mahasiswa menginput Mata Kuliah sesuai Sebaran Mata Kuliah atau Kurikulum
- Mahasiswa menyimpan dan mencetak Kartu Rencana Studi disistem untuk diarsip mahasiswa
- Mahasiswa menghadap Dosen Pembimbing untuk melakukan konsultasi Kartu Rencana Studi
- Dosen Pembimbing menyetujui Mata Kuliah yang diajukan Mahasiswa
- Selesai
Alur Legalisir Dokumen
- Mulai
- Alumni login ke laman https://legalisir.aiska-university.ac.id/ menggunakan NIM di Ijazah
- Alumni Menginput Data Alumni dilaman https://tracerstudy.aiska-university.ac.id/ (bagi yang belum pernah mengisi)
- Alumni memilih jumlah legalisir sesuai pilihan; 10 lembar atau 20 lembar
- Alumni Menyerahkan berkas ke BAAK disertai bukti Dokumen Asli
- BAAK (Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) Mengkroscek Data ALUMNI yang setelah diinput
- Alumni melakukan Pembayaran Legalisir di ATM/Teller Bank/Mobile Banking
- Pengambilan Legalisir Di BAU (Bagian Administrasi Umum) minimal setelah 3 hari setelah penyerahan berkas, atau bisa dipantau prosesnya dilaman https://legalisir.aiska-university.ac.id/
- Selesai
Alur Pengambilan Ijazah & Transkrip Nilai
- Mulai
- Mahasiswa Sudah dinyatakan Lulus oleh Universitas Aisyiyah Surakarta
- Mahasiswa datang ke BAAK menandatangani Buku Pengambilan Ijazah (tidak boleh diwakilkan)
- BAAK menyerahkan Ijazah dan Transkrip Nilai
- Selesai
Alur Komplain Nilai Semester Bagi Mahasiswa
- Mulai
- Mahasiswa login dan melihat nilai semester di akun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta
- Pengajuan Komplain Nilai dilayani sampai 2 minggu setelah tanggal yudisium semester, setelah 2 minggu dianggap sudah valid dan benar.
- Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi (KHS) saat Yudisium sesuai di Kalender Akademik Universitas Aisyiyah Surakarta
- Jika ada ketidaksesuaian nilai, mahasiswa mendownload formulir DISINI.
- Mahasiswa menghadap Dosen Pengampu Mata Kuliah dan Kaprodi Untuk Meminta Tanda Tangan (rangkap 3, : dosen pengampu, BAAK, mahasiswa)
- Dosen pengampu Mata Kuliah mengkroscek kebenaran Data
- Jika benar ada ketidaksesuaian nilai, Dosen pengampu merubah lewat akun SIAKAD
- Mahasiswa mengecek nilai yang sudah dirubah
- Selesai
Alur Keterlambatan Upload dan Revisi Nilai Semester Bagi Dosen
- Mulai
- Dosen melihat nilai semester di akun SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta (jika revisi)
- Dosen mendownload berita acara keterlambatan/perubahan nilai DISINI.
- Dosen mengisi berita acara keterlambatan/perubahan nilai (rangkap 3 ; dosen pengampu, kaprodi dan BAAK)
- Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan membuka sistem
- Dosen mengupload Nilai
- Selesai
Alur Permohonan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dan Transkrip yang Hilang, Rusak atau Salah
- Mulai
- Alumni atau Pemohon Datang langsung ke Kampus 1 Universitas Aisyiyah Surakarta dengan membawa :
- Surat Permohonan dengan materai 10.000, ditujukan ke Rektor Universitas 'Aisyiyah Surakarta
- Surat Keterangan tertimpa musibah dari kantor kalurahan atau kecamatan jika berkas rusak atau hilang
- Fotokopi Kartu Keluarga
- Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian Jika berkas hilang
- Fotokopi KTP
- Fotokopi Akte Kelahiran
- Fotokopi Ijazah dan Transkrip
- Alumni menyerahkan berkas ke Bagian Administrasi Umum (BAU) Kampus 1 Universitas Aisyiyah Surakarta, atau via Email : info@aiska-university.ac.id
- Pimpinan Mendisposisi ke BAAK
- BAAK membuatkan surat keterangan hilang atau rusak, sesuai surat permohonan
- Pengesahan Oleh pimpinan
- Alumni mengambil surat permohonan di BAAK Kampus 1 Universitas Aisyiyah Surakarta mendapatkan 1 lembar surat keterangan asli dan 3 legalisir.
- Selesai
Alur Manual Prosedur Penggunaan SIAKAD
- Mulai
- Mahasiswa Login ke laman https://sso.aiska-university.ac.id
- Dosen Pengampu Mata Kuliah login ke laman https://sso.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa melakukan input KRS, Cek Nilai, Cetak KHS dsb.
- Dosen menginput nilai di SIAKAD Universitas Aisyiyah Surakarta
- Selesai
Alur Manual Prosedur Lupa Password SIAKAD
- Mulai
- Mahasiswa datang ke Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
- Mahasiswa menemui petugas BAAK sesuai program studi masing-masing
- Petugas BAAK mereset password mahasiswa di akun SIAKAD
- Selesai
Alur Peminjaman dan Pengembalian Berkas Dokumen Akademik
- Mulai
- Dosen dan Tenaga Kependidikan ke BAAK menemui petugas
- Dosen dan Tenaga Kependidikan Mengambil/mengembalikan dokumen yang dibutuhkan
- Dosen dan Tenaga Kependidikan mencatat di buku peminjaman berkas sesuai program studi yang dipinjam
- Selesai
Alur Pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS)
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman https://sso.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa mencetak Kartu Hasil Studi format A4 3 rangkap
- Mahasiswa menyerahkan lembar KHS ke BAAK 1 lembar, ke Dosen Pembimbing Akademik 1 lembar dan 1 buat pegangan mahasiswa.
- Selesai
Alur Perbaikan Nilai Ikut Adik Tingkat
- Mulai
- Mahasiswa melihat Nilai di Kartu Hasil Studi masing-masing
- Mahasiswa mengecek sebaran mata kuliah yang akan diajarkan pada semester berlangsung
- Mahasiswa dengan Nilai C diperbolehkan mengikuti adik tingkat dengan terlebih dahulu konsultasi ke dosen pembimbing akademik
- Mahasiswa melakukan Input Mata Kuliah yang akan diperbaiki di sistem KRS
- Mahasiswa mengikuti kegiatan perkuliahan secara penuh
- Selesai
Alur Kartu Ujian Hilang
- Mulai
- Mahasiswa masuk atau login ke laman https://sso.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa secara individu mencetak Kartu Ujian yang Hilang di akun masing-masing
- Selesai
Alur Cuti/berhenti sementara Mahasiswa
- Mulai
- Mahasiswa mengunduh surat permohonan cuti lalu file diisi lewat android untuk dimintakan persetujuan Download
- Mahasiswa Menghubungi Kaprodi dan Pembimbing Akademik untuk meminta persetujuan.
- Jika disetujui mahasiswa mengupload berkas dan mengisi formulir cuti DISINI.:
- Mahasiswa menyelesaikan registrasi pembayaran ke BNI sebesar biaya 10% dari biaya semester disertai bukti bebas dari keuangan (diupload)
- Melampirkan bukti bebas perpustakaan (diupload)
- Melampirkan kartu mahasiswa (diupload)
- Isian formulir yang telah diisi dan berkas yang telah diupload lalu Simpan
- Mahasiswa mencetak formulir sebagai arsip mahasiswa
- Data yang telah tersimpan akan diteruskan ke Kaprodi dan Pembimbing Akademik sebagai arsip
- Selesai
Alur Aktif Kuliah Setelah Cuti/Non Aktif Mahasiswa
- Mulai
- Mahasiswa mendownload formulir surat izin aktif kuliah di website BAAK Download
- Formulir dan Surat diserahkan ke BAAK dengan dilampiri bukti pembayaran uang spp semester dan fotokopi kartu mahasiswa.
- Mahasiswa melakukan KRS
- Selesai
Alur Penyerahan Tugas Mahasiswa Mengikuti UAS
- Mulai
- Mahasiswa yang rekapan kehadiran kurang 80% dari kehadiran perkuliahan
- Mahasiswa Mendownload Blangko Bukti Penyerahan Tugas (2 Lembar) & Lembar Permohonan Mengikuti UAS (Download)
- Mahasiswa menyerahkan tugas ke dosen pengampu dan meminta tanda tangan
- Mahasiswa meminta tanda tangan kaprodi
- Mahasiswa menyerahkan bukti blangko penyerahan tugas ke Kaprodi dan BAAK maksimal H-1 Jam 12.00 WIB, sebelum hari pertama ujian (sesuai hari kerja).
- Selesai
Alur Pendaftaran Remidiasi
- Mulai.
- Mahasiswa Login ke laman siakad.sim.aiska-university.ac.id
- Mahasiswa mengecek Nilai dan memilih Mata Kuliah yang akan diremidikan (BC, C, D dan E) di Menu Pendaftaran Remidi.
- Mahasiswa melakukan Pembayaran sesuai Virtual Account (VA) dengan nominal yang tertera di sistem, pada tanggal yang telah ditentukan melalui ATM/Teller Bank/ E-Banking. (Bagi mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran, maka tidak akan bisa menambah atau mendaftar mata kuliah lagi. Pastikan mendaftar semua mata kuliah yang akan diremidikan)
- Bagian Keuangan (BAKU) Menvalidasi
- Mahasiswa melakukan perkuliahan di laman e-learning (http://elearning.aiska-university.ac.id/) pada menu Presensi Remidi
- Mahasiswa Mengikuti Ujian remidi berupa perkul iahan dan evaluasi dalam 4 kali pertemuan
- Selesai
Alur KTM Hilang/Rusak
- Mulai
- Mahasiswa Menghubungi Bagian Keuangan (BAKU) untuk dibuatkan VA (virtual account)
- Mahasiswa Input Data dan upload bukti pembayaran
- Mahasiswa konfirmasi ke BAAK
- BAAK Meneruskan ke bagian Kemahasiswaan untuk diproses KTM
- Mahasiswa mengambil KTM yang sudah jadi di BAAK
- Selesai
Alur Mengundurkan Diri
- Mulai
- Mahasiswa mendownload form surat pernyataan dan surat ijin mengundurkan diri. Download
- Berkas diserahkan langsung ke BAU Universitas ‘Aisyiyah Surakarta atau ke email: info@aiska-university.ac.id
- Selesai
Alur Pengajuan Surat Keterangan Alumni
- Mulai
- Alumni Berkirim surat ke kampus Universitas ‘Aisyiyah Surakarta atau email ke: info@aiska-university.ac.id
- Pada isi surat atau email dideskripsikan maksud dan tujuan pengajuan surat keterangan alumni tersebut Sertakan file scan document Asli/Legalisir:
- Ijazah
- Transkrip
- KTP pemohon
- pada lampiran/attachment email dan file pendukung lainnya (bila ada)
- Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan menverifikasi kebenaran dan kevalidan data lulusan
- Bagian Administrasi Umum membuat Surat Keterangan Alumni/Lulusan
- Pemohon (Alumni/Lulusan) wajib mengisi data tracer study dilaman: https://tracerstudy.aiska-university.ac.id/
- Selesai